Laman

Rabu, 04 Juni 2014

Mewarnai Dengan Photoshop

Assalamualaikuuum...

kali ini Saya berbagi tentang cara mewarnai gambar menggunakan Photoshop dengan teknik tripleroot. Teknik ini merupakan yang paling sederhana dan aman menurut Saya,  Sederhana karena menggunakan sedikit  tool dan aman karena menggunakan managemen layer dalam prosesnya apabila terjadi kesalahan tidak perlu harus mengulang dari awal. Namun perlu diperhatikan bahwa pada tutorial ini saya mengunakan sketsa hasil tracing dengan kurva tertutup yang memungkinkan saya untuk menyeleksi mengunakan magic wand tool. Oh iya, dinamakan teknik tripleroot karena proses pewarnaan mengunakan tiga langkah yaitu, selection-layer-fill.

Silahkan dipraktekkan!

1. Siapkan gambar/sket hasil tracing yang akan kita warnai
  


2. Buat layer baru dengan cara tekan tombol Ctrl+Shift+N atau
Create a new layer’ pada pallet layer lalu akan muncul layer baru dengan nama layer 1, ganti nama layer tersebut mengunakan nama warna untuk mengidentifikasikan warna untuk layer tersebut, agar tidak bingung saat mengunakan banyak layer. Letakkan layer sketsa/lineart berada paling atas dan lock tranform agar posisinya tidak berpindah. Pastikan  layer warna berada di bawah. 






3. Pada layer aktif tersebut, dengan mengunakan magic wand tool klik pada area Canvas yang ingin diseleksi dan warnai. Caranya ‘menumpahkan’ warna pada area terseleksi mengunakan Paint Bucket Tool atau dengan menekan Alt+Backspace untuk  warna foreground atau Ctrl+backspace untuk warna bacground. Misalnya, saya mengunakan warna merah tua.







4. Ulangi langkah di atas untuk warna-warna yang berbeda, pastikan setiap warna berada pada layer yang berbeda. Kamu bisa memperoleh warna-warna tersebut pada pallet color dengan mengubah letak slide panel atau klik pada koleksi warna pada pallet swatches bahkan memilih pada color picker


 


5. Sejauh ini proses pewarnaan dengan teknik tripleroot sudah selesai.




6. Selanjutnya kita akan membuat efek shadow dan light pada gambar yang telah kita warnai dengan cara membuat layer baru diatas masing-masing layer warna, beri nama dengan lighting & Shading (ini tidak terlalu panting, hanya untuk dapat mengindentifikasikan layer tersebut). Kemudian buat Clipping Mask layer lighting & shading  dengan cara tekan Ctrl+Alt+G atau Arahkan kursor ke garis batas antar layer hingga berubah icon kursor dan klik.


 

7. Dengan menggunakan Brush tool tipe soft sapukan warna senada pada layer lighting & Shading tersebut. (misal: Merah, maka pada layer Lighting & Shading sapukan warna merah muda untuk Lightingnya dan merah tua untuk shadingnya) lihat gambar. Gunakan langkah yang sama pada layer-layer lainnya.


 


8. Dan hasilnya Akhir pewarnaan sketsa kita kali ini kira-kira akan seperti ini.  Semoga bermanfaat. Sampai jumpa pada tutorial berikutnya. Salaam.





Semoga Bermanfat... :)





Tidak ada komentar: