Laman

Selasa, 26 Juni 2012

Tauris Mustafa dan Kurasinya pada Nurhadi


Bekerja di Harian Serambi Indonesia, sebagai Ilustrator dan tim Desain grafis, tata letak (Layouter) koran cetak juga Digital Newspaper. Lahir di Ulee Gle, Pidie Jaya, 1983. Sudah menikah dan dikaruniai seorang putra. Saat ini menetap di Lingke, Jalan T. H. Usman, Gang Yahya, No. 3.
Sejak kecil sudah dianugrahi bakat alam dan tertarik pada dunia seni rupa. Berlatih secara otodidak, Pernah menjuarai lomba lukis tingkat SMA Se-Kota Banda Aceh yang diselenggarakan oleh dina Kebudayaan dan Fakultas Tekhnik Arsitektur Unsyiah, rentang waktu 1998-2001. Nominator III Lomba Kartun Nasional “Perempuan Masa Kini” dibali (2009)

Kuliah di IAIN Ar-Raniry, Fakultas Syariah, Jurusan SMI. Bergabung dalam unit kegiatan mahasiswa (UKM): KTM ‘Rongsokan’, KALSUPA (Kaligrafi dan seni rupa), dan pecinta alam (Gainpala).
Aktif berkarya dibidang Ilustrasi (Komunikasi Visual) sejak 2004 silam. Sebagai Ilustrator Tabloid Mingguan Aceh Tribun (2004). Ilustrator majalah Bintang Ubiet dan ketua Rakan Adoe, Program dampingan pemulihan  trauma anak di pengungsian pasca tsunami di lembaga CMC: Cildren Media Center (2005). Ilustrator dan Kartunis tokoh kartun Mareuhoi, koran harian Rajapost Bireuen (2006). Ilustrator dan Kartunis tokoh kartun Do kaha, koran Harian Aceh (2007-2009). Dan sekarang di harian Serambi Indonesia. 

Dan sampai sekarang aktif juga sebagai Freeland Graphic Designer dalam pembuatan buku: pembuatan Cover Book, Ilustrasi, Info grafis, Poster, dan Layout.
Contac Person: 08 13 603 09222 / email: taurismustafa9@gmail.com / FB: taurismustafa@yahoo.co.id

Kurasi karya Nurhadi yang dimuat di Harian Aceh:

4 JANUARI 2012, Proses pembuatan e-KTP yang tidak kunjung selesai dan yang tergambar hanya sebagai agenda u7ntuk masyarakat supaya sibuk dengan proses pembuatan e-KTP tersebut,
sehingga lupa akan masalah yang menyinggung pemerintahan. lazimnya disebut sebagai pengalihan isu.


7 JANUARI 2012, Konflik yang diciptakan oleh sebagian orang sehingga memicu pertikaian antara dua kelompok. padahal notabene-nya kedua kelompok tersebut adalah satu daerah alias saboh gampong.


11 JANUARI 2012, Jika dilihat dari segi isu lingkungan hidup, ini hal yang bagus, karena ada kepedulian bibit-bibit yang tumbuh dalam generasi baru, berupa semangat untuk memperbaiki dan membenahi lingkungan hidup. Namun jika dilihat jika Editorial kartun ini mengarah kepada kasus korupsi yang masih saja marak terjadi. ini hal yang sangat berbahaya.


14 JANUARI 2012, Editorial kartun ini mengangkat tentang politik uang yang dinyatakan oleh lembaga penyelenggara (KIP) sebagai hal yang tidak boleh dilakukan oleh calon yang mencalonkan diri sebagai gubernur atau bupati. namun kenyataan dilapangan lain lagi. politik uang ini masih diterapkan oleh sebagian calon tersebut.


21 JANUARI 2012, Masa kampanye, berbagai macam tim sukses calon menggelar ragam kampanye untuk calon yang di usung. baik melalui pidato, reklame dan sebagainya. menariknya kampanye ini sudah jadi penilaian tersendiri oleh beberapa masyarakat dan kalo dikaitkan, pada 5 tahun silam ada tim sukses yang mengampanyekan hal yang serupa dengan masa kampanye saat ini. intinya kampanyenya janji-janji namun sering tidak ditepati.


25 JANUARI 2012, Kartun editorial ini menarik juga. Karena mengarah pada pembicaaran tentang kinerja komite independent pemilihan yang lamban. artinya bisa kita rasakan sendiri beberapa bulan lalu sebelum Pemilukada. ada semacam  mengulur waktu atau waktu pemilihan yang bergeser jauh kedepan, sehingga yang terbayang oleh kita adalah proses kerja panitia ini cenderung ada yang menunggangi atau juga sebaliknya. kinerja tim yang tidak tepat waktu.


28 JANUARI 2012, Ramai para kandidat turun ke Gampong-gampong, terbar pesona dengan berbagai macam aksi yang dilakukan, baik sosial dan kegiatan kemasyarakatan.


4 FEBRUARI 2012, Pembicaraan kartun terkait isu nasional, yaitu isu korupsi. di dalam kartun kali ini kartunis (Nurhadi) mencoba menyampaikan bahwa, bahaya latin korupsi itu juga bisa menghancurkan anjungan Aceh atau provinsi Aceh. dalam visualisasinya ibarat sebuah kapal yang diterpa badai gelombang laut. jika kapal tersebut dibuat dari meterial utuh seperti yang diperlukan, kapal tentunya akan kokoh. Namun jika material yang dibutuhkan tidak dipenuhi seutuhnya atau di mark-up. niscaya kapal tak akan kokoh. 


3 MARET 2012, Berbicara Aceh kali ini 3 maret 2012, adalah berbicara tentang pemerintahan yang belum berhasil mengatasi permasalahan bencana alam, khususnya terkait bencana alam yang menimpa Tangse salah satu daerah yang sering dilanda bencana alam lonsor dan banjir bandang. disini kartunis menggambarkan bahwa, pemerintahan belum mampu mengoptimalkan kinerjanya terkait bencana alam. Lihat saja Tangse dalam setahun ini sudah dua kali mengalami musibah bencana alam, pertama longsor dan kedua banjir bandang.

7 MARET 2012, Nah!, ini pengalihan isu barangkali :)


10 MARET 2012, Perdamaian yang terancam oleh kasus-kasus penembakan yang dilakukan oleh orang tak dikenal (OTK). yang tanpa rasa takut dan terkoordinasi meneror pekerja lapangan notabene suku jawa.

14 MARET 2012, -

17 MARET 2012, Konflik di dalam tubuh para mafia korupsi, intinya tentang pembagian jatah yang tidak sesuai dengan kenerja menurut mereka. secara, dapat kila perhatikan ini merupakan isu nasional terkait kasus korupsi yang mengait-ngaitkan nama besar salah satu petinggi di dalam partai Demokrat. notabene kasus ini masih menjalar dan belum selesai.

24 MARET 2012, Terkait kampanye para kandidat calon Gubernur dan wakil Gubernur. Kartun editorial kali ini lebih mengarah kepada salah satu pasangan calon. dengan slogan seperti yang disebutkan.

28 MARET 2012, Intimidasi terhadap masyarakat oleh tim sukses dari partai tertentu untuk memilih pasangan calon yang mereka usung.

 

1 komentar:

iaMz mengatakan...

keren karyanya.
Ule Glee mengingatkan saya pada masa kecil dulu..